Thursday 15 September 2016

WOW !!! FAKTA UNIK TENTANG KOTA BATAM / KAMU HARUS TAU

Fakta Unik , Menarik dan mencengangkan tentang Kota Batam yang Sangat Menghebohkan

Kota Batam dikenal sebagai kota yang berbatasan langsung dengan Singapura. Kota yang dikenal dengan sebutan Kota Industri ini memiliki sejumlah keunikan.

Meskipun memiliki luas hanya 415 Km2 (41.500Ha) namun penduduk pulau Batam berjumlah sekitar 1,2 juta jiwa. Berikut ada beberapa keunikan kota yang berada di sekitar jalur utama kapal-kapal dagang dunia ini.

1. Jembatan Barelang/Habibie



Seperti halnya Monas di Jakarta, Jembatan Barelang sudah menjadi ikon Kota Batam. Ada enam jembatan yang menghubungkan sejumlah pulau dengan pulau Batam. Diantaranya Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Setoko, Pulau Rempang, Pulau Galang, dan Pulau Galang Baru.

Jembatan Barelang dibangun pada era Ketua Otorita Batam masih dijabat BJ. Habibie. Tak heran, salah satu nama jembatannya, Jembatan I Barelang, juga disebut Jembatan Habibie. Nama asli Jembatan I Barelang tersebut sebenarnya Jembatan Fisabilillah.

2. Kabel Listrik Bawah Tanah


Kawasan Simpang Jam Baloi yang bersih dari kabel-kabel listrik.


Di Batam sangat sulit menemukan tiang listrik. Jaringan listrik di Batam sudah ditanam di dalam tanah. Sehingga wajah kota terlihat lebih rapi karena tidak terlihat rangkaian-rangkaian kabel listrik yang biasanya semrawut.

3. Banyak Pelabuhan Feri Internasional



Berdekatan dengan negara tetangga Singapura dan Malaysia membuat Batam kerap menjadi destinasi para wisatawan. Begitu juga sebaliknya, wisatawan yang ingin berkunjung ke Singapura dan Malaysia lebih sering transit melalui Batam.

Ke Singapura, penumpang hanya butuh waktu sekitar 45 menit, sedangkan ke Malaysia lebih kurang 2 jam. Tak heran sejumlah pelabuhan feri internasional pun berdiri di kota ini. Beberapa pelabuhan tersebut diantaranya, Internasional Ferry Terminal Batam Centre, Harbour Bay, Sekupang Ferry Terminal, Nongsa Pura, Waterfront City Marina.

 4. Kunjungan Wisatawan



Meski hanya kota kecil, namun kota Batam kerap dikunjungi wisatawan. Ada sekitar 1,3 juta wisatawan setiap tahunnya yang tercatat berkunjung ke Batam. Mereka lebih banyak dari Singapura, Malaysia, Korea, Jepang, serta Eropa.

5. Landmark Welcome to Batam


Selain memiliki landmark Jembatan Barelang, Kota Batam juga memiliki landmark “Welcome to Batam”. Tulisan besar terbuat dari beton dengan anggaran sekitarRp472 juta dari APBD Kota Batam. 

6. Motos Harga HP murah


Selain Tentang Fakta menarik Di atas , Kota batam juga memiliki mitos yang banyak di bahas di daerah lain.
sewaktu saya masih tinggal di kota Bangka Belitung
Banyak yang Berbincang tentang hal di atas , bahkan ada yang berbicara bahwa hp android bahkan I-Phone di sana dihargai di bawah angka (1.000.000) Satu juta Rupiah


EmoticonEmoticon